Marketing, mungkin ketika Anda membaca ataupun mendengar kata ini langsung terbayang dipikiran bahwa Marketing itu adalah salesman dan ,saleswoman, yang sering Anda lihat dimana pun yang menawarkan produk barang maupun  pun jasa dari berbagai macam perusahaan. Marketing adalah ujung tombak  yang menjadikan suatu perusahaan akan meraih kesuksesan atau kemunduran.  Marketing mempunyai tugas utama, yaitu menjual produk atau jasa dari  suatu perusahaan yang mempunyai target pasar sesuai dengan yang telah  ditentukan oleh perusahaan tersebut.
Banyak yang mengatakan bahwa apabila Anda pernah kerja  sebagai Marketing disuatu perusahaan, maka Anda akan memiliki lebih  besar jiwa semangat juang dalam menghadapi kerasnya kehidupan didunia  ini. Marketing saat ini sesungguhnya sudah mulai gencar didunia online, oleh karena itu disebut sebagai Marketing Online. Akan tetapi, prinsip  dasarnya pun sama yaitu menjual produk atau jasa dari suatu perusahaan  dengan target yang telah ditentukan. Berikut beberapa tips untuk menjadi  seorang Marketing handal:
Kenali market Anda. Pada segmen apa Anda ingin  memasarkan produk atau jasa tersebut, dan siapa saja yang menjadi  sasaran jual Anda. Pastikan Anda menjual produk atau jasa pada orang  yang tepat.
Have a good appearance. Anda tidak pernah tahu dimana dan kapan Anda akan bertemu dengan calon client Anda. Kesan pertama akan terlihat dari penampilan Anda. Berikanlah  kesan baik dan meyakinkan ketika target melihat Anda, karena dengan  penampilan Anda yang nampak rapih dan meyakinkan maka target Anda akan  menilai bahwa produk atau jasa yang ditawarkan memiliki kualitas yang  baik.
Perluaslah koneksi atau kenalan Anda.  Kembangkan sayap Anda, jangan hanya terbatas lingkup kecil saja. Perluas  wawasan Anda untuk memasuki dunia yang belum pernah Anda tahu. Semakin  banyak koneksi dan wawasan yang Anda miliki maka semakin besar  kesempatan Anda untuk mendapatkan client baru.
Kuasai produk atau jasa yang ditawarkan (product knowledge). Bagaimana mungkin Anda menawarkan produk atau jasa yang ditawarkan kepada calon client tapi Anda belum menguasai secara penuh mengenai keunggulan, kekurangan, harga, kualitas, target konsumen atau client, dan hal lainnya.
Keluar dari comfort zone. Jangan pernah  merasa bahwa yang Anda raih saat ini sudah cukup memuaskan. Anda  bekerja dengan target, jika Anda bisa untuk mendapatkan yang lebih maka  tidak ada alasan bagi Anda untuk berhenti. Beranikan diri Anda untuk  melangkah keluar dari zona nyaman untuk mendapatkan tantangan baru,  misalnya mendapatkan client  dari kalangan yang pernah Anda masuki sebelumnya. Hal ini akan menuntut Anda untuk memiliki kemampuan kecepatan beradaptasi.
Ciptakan antusiasme dalam diri Anda.  Menciptakan antusiasme dibutuhkan usaha dan kerja keras,  intensionalitas, dan tindakan. Antusiasme adalah tindakan atau aksi  bukan hanya sebuah cita-cita. Maka berusahalah untuk mewujudkan apa yang  sudah Anda cita-citakan.
Catat testimonial. Client Anda merasa  puas dengan produk atau jasa yang Anda jual, catat testimoni dari  mereka. Sebuah testimoni sangat berarti sebagai bukti keunggulan produk  Anda. Mereka mungkin akan mengatakan hal-hal yang tidak pernah  terpikirkan oleh Anda.
Bergulat dengan kenyataan. Dunia Marketing  adalah dunia yang penuh dengan persaingan dalam hal apa pun, oleh karena  itu Anda harus memiliki mental yang sangat kuat. Penawaran yang Anda  ajukan tidak selalu dapat diterima oleh client. Penolakan  merupakan hal yang sudah wajar dalam dunia Marketing, maka dibutuhkan  kesabaran dan ketahanan mental yang ekstra. Tetap konsisten dalam Pekerjaan  dan pantang menyerah adalah kunci kesuksesan Anda.
